Muhasabah rutin

Saya baca sebuah tulisan mengenai adab sebelum tidur, yaitu muhasabah. Menghisab diri, mengingat-ngingat apa yang telah kita perbuat sedari bangun tidur hingga akan tidur kembali, mengingat-ingat dosa apa saja yang kita perbuat.

Dan dengan tulisan ini pun saya merasa dosa seolah seperti mengajari pembaca, jadi mohon maaf ya. Semoga memaafkan dan kita saling mendoakan.

Segala Sesuatu Yang Berlebihan itu Tidak Baik

Nasi, orang Indonesia tentunya menyukai nasi dan nasi menjadi makanan utama apapun lauknya. Walaupun sudah makan pizza ukuran medium sendirian, atau makan martabak satu porsi sendirian, tetap saja kalau belum makan nasi masih lapar. Tapi bagaimana nasi bisa menjadi haram untuk dimakan?

kata haram diatas, mungkin berlebihan karena tidak ada dalilnya hehe, maksud saya adalah bagaimana nasi bisa menjadi makanan yang dilarang. Lalu siapa yang tidak boleh memakan nasi berlebihan? salah satunya adalah pengidap diabetes. Nasi menjadi hal yang dilarang untuk dimakan dalam porsi banyak bagi pengidap diabetes karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah penderita.

Belajar dari pengidap diabetes yang tidak boleh makan nasi berlebihan, maka saya pun ada baiknya tidak melakukan hal – hal yang berlebihan, misalkan fokus, tapi jadi fokus berlebihan. Menyukai seseorang, jadi menyukai dengan berlebihan. Ada yang bilang kerja keras adalah kebiasaan yang baik, tapi tidak untuk memforsir diri sampai kurang tidur dan kurang makan.

Saya sendiri teringat langsung dengan QS A Lam Nasyrah ayat 7, “maka apabila kamu telah selesai(dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” Pengalaman pribadi, ketika saya fokus pada satu hal dengan berlebihan, saking fokusnya, saya lupa urusan yang lain, dan ketika urusan itu selesai, saya tidak fokus pada hal yang lain.

Ternyata, sesuatu yang berlebihan itu bisa merembet kemana-mana kawan. hehe.

Mengatur Agenda yang mendadak rubah

Setelah mengatur waktu sedemikian rupa, akan ada eror waktu misal orang yang sudah menjanjikan waktunya mendadak tidak bisa. Sulit memang menghadapi hal kedepannya ketika waktu tersebut mendadak dirubah karena harus mengubah agenda lainnya pula. Saya sendiri mulai membuat plan cadangan ketika agenda saya di hari ini berubah, maka saya akan melakukan agenda cadangan, nah agenda apa saja.. antara lain bisa agenda hiburan (nonton atau jalan-jalan), agenda belajar sesuatu yang jarang dipelajari, atau agenda yang seharusnya dilakukan di esok hari tapi dapat diupayakan di hari ini, lumayan kan menyicil tugas hehe. Yang penting manfaatkan detik-detik itu.

Memperbaiki mp3 player

image

Berawal dari nyolder smd memberanikan diri untuk memperbaiki mp3 player sendiri, ternyata bisa juga.. ini mudah karena yang rusak ternyata switch power nya aja.. tapi kalo komponen lain kayanya belum bisa deh haha.. harusnya sih bisa ya apalagi ntar punya gelar sarjana

kolaborasi Musik jazz dan Musik Tradisi Minang, Aceh dan Sunda

Tahun lalu saya diberi kesempatan untuk berkolaborasi dengan gitaris jazz bandung, kaka Tesla Manaf effendi. Sekitar 2 minggu latihan sebelum hari H tampil dalam acara Pagelaran Seni Budaya ITB 2012. Ditemani beberapa kawan dari unit kesenian itb lainnya, yaitu Ponda dari UKM (Unit Kesenian Minang) ITB memainkan alat tiup khas minang, dan Ikhsan dari unit UKA (Unit Kesenian Aceh) sebagai vocal khas aceh ditambah teman saya sendiri dari LSS ITB (lingkung seni sunda) Pebi memainkan kendang bersama saya yang bertugas memberi beat dengan bunyi khas sunda, dengan 2 orang pemain instrument barat, kang Yopie pada keyboard dan kang Jalu pada Bass, kami memainkan 4 karya Tesla manaf effendi, yang judulnya diantaranya lost and found, drizzling, the answer dan 22.

2 minggu latihan cukup hectic, bang Echa (Tesla) sendiri yang ngatur jadwal latihan kami, saya suka semangatnya :), karena ngaturnya yang sulit soalnya latihan terpaksa ditengah-tengah hecticnya minggu ujian dan padat praktikum, plus pebi dan saya sendiri ada agenda latihan lain belum kendang yang dipakai harus diantar pulang pula setelah dipakai, *belum punya alat sendiri sih :D. Hebatnya tesla manaf adalah mengusahakan semuanya sendiri, termasuk jadi manajer buat sendiri dan mengatur waktu kami. Terus beliau ke warnet tengah malem demi ngirim file lagu ke saya haha.

Pengalaman ini membuka wawasan saya juga dengan beberapa hal dalam musik, salah satunya nyari beat yang enak dengan ketukan 6/8 tapi menggunakan kendang. Bagi saya yang tidak punya dasar kesenian sunda apalagi kendang terasa seperti mencari cari celah sendiri.

Lagu yang paling saya suka adalah lagu yang berjudul the answer. Komposisi lagu ini ditambah bunyi khas alat tiup minang memberikan nuansa awalan yang sejuk indonesia banget. Dan ditengah tengah rasanya galau galau gimana haha. Menurut saya lagu ini cocok dengan alat tiup minang tersebut, walaupun tidak pakai kendang.
Mudah-mudahan beliau makin sukses haha. Mudah-mudahan ada kesempatan main lagi juga dengan si echa ini.

Tatar sunda cikopi jeung roti

Inilah suasana pagi d cimahi, udaranya selalu sejuk, hawa nya pas buat start menjalani hari. Nah kebiasaan yang nikmat itu minum kopi sama roti, ato pisang goreng. Mungkin makin lama kebiasaan ini makin menua. Saya masih punya banyak tugas yang harus diselesaikan, tapi sepintas saya pernah baca, hidup haruslah diseimbangkan antara fisik, rohani, agar pikiran tidak tegang. Jadi berilah sebagian waktu efektif untuk tubuh dan pikiran agar rileks, dapat dengan olahraga, ngopi, jajan, bermusik dan yang paling menyenangkan itu menjalin silaturahmi. Semoga hari jumat ini dan hari hari selanjutnya diberkahi Allah SWT.

image

Desain baru

Pertama kali ngeband waktu itu saya main drum.. tapi di rumah punya alat musik gitar akustik. Pingin banget rasanya bisa punya gitar elektrik dengan sound distorsi. Belajar istrumentasi di fisika ternyata jalan dari Allah SWT untuk mewujudkan angan angan dari smp untuk bikin alat agar bunyi gitar bisa keluar keras melalui amplifier speaker, inilah versi terbaru desain piezo-acoustic amp

image

Buat kedepannya bakal ada update versi nya tentunya dengan fitur yang jauh lebih menarik dari sekedar mengeluarkan bunyi saja hahaha.

Just another WordPress.com site

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.